Beberapa Tips Untuk Ibu Menyusui Yang Kurang Lancar

7 Makanan Terbaik untuk Ibu Menyusui, Bayi Jadi Makin Ceria!

Salah satu yang menjadi alasan mengapa ASI merupakan makanan utama untuk bayi, dikarenakan memiliki beragam kandungan nutrisi dan protein yang dapat mendukung tumbuh kembangnya si kecil. Itu sebabnya, mengapa ibu menyusui harus memenuhi kebutuhan asupan nutrisinya agar bisa memproduksi ASI yang berkualitas. Adapun mengenai beberapa asupan nutrisi yang wajib dipenuhi oleh ibu menyusui seperti asam folat, kalium, kalsium, zat besi, karbohidrat, serat, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, tidak semua ibu menyusui bisa memproduksi ASI dengan lancar. Namun bunda tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa tips untuk ibu menyusui yang kurang lancar. Nah, biar lebih jelasnya lagi, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasan dibawah ini.

* Memperbanyak Minum Air Putih

Tips pertama untuk ibu menyusui yang kurang lancar, yakni dengan memperbanyak minum air putih. Pasalnya, seorang ibu yang sedang menyusui itu membutuhkan cairan yang cukup banyak saat memberi ASI. Berdasarkan dari hasil penelitian, salah satu faktor yang menjadi penyebab tidak lancarnya produksi ASI dikarenakan kurangnya asupan cairan. Oleh karena itu, perbanyaklah minum air putih sejak hamil  agar bisa menghasilkan ASI yang banyak dan berkualitas. Kandungan air tersebut juga bisa bunda dapatkan dengan mengonsumsi sayuran atau buah-buahan yang memang mengandung banyak air. 

* Jangan Menggunakan Botol Susu

Tak sedikit ibu yang sering menggunakan botol susu untuk memberikan ASI atau susu formula pada bayinya. Padahal, terlalu sering menggunakan botol susu ini bisa membuat si kecil kebingungan lho! Pasalnya, penggunaan botol susu dapat membuat isapan bayi ke payudara bunda menjadi tidak efektif. Dengan demikian, produksi ASI pun menjadi menurun. Maka dari itu, biasakan untuk memberikan ASI langsung dari payudara bunda.

* Menggunakan Payudara Secara Bergantian

Dalam hal ini, bunda harus menyusui bayi dari kedua payudara secara bergantian. Biarkan si kecil menyusui dari payudara kanan sampai ia kenyang, dan ASInya habis. Setelah itu, ketika bayi bangun dari tidur dan merasa haus atau lapar, maka bunda bisa menyusuinya dengan payudara sebelah kiri. Menurut informasi yang didapat, urutan menyusui yang dianjurkan itu dimulai dari payudara kiri – kanan, kanan – kiri, kiri – kanan, dan seterusnya. 

* Memahami Cara Menyusui Dengan Benar

Tahukah bunda? Bahwa posisi menyusui juga sangat berpengaruh terhadap kualitas produksi ASI lho. Maka dari itu, bunda harus mencari referensi sebanyak mungkin mengenai cara menyusui bayi  dengan benar. Atau, bunda juga dapat bertanya kepada para bidan atau orang-orang yang memang sudah berpengalaman dalam hal tersebut. Ketika menyusui bayi, bunda harus dalam keadaan rileks dan nyaman. Beberapa posisi menyusui yang dapat bunda lakukan, yakni dengan berbaring miring di atas kasur. Selain itu, bunda juga bisa duduk bersandar pada kursi. Tak hanya soal posisi, mulut si bayi juga harus menempel dengan benar pada payudara bunda.

* Makanan Yang Harus Dikonsumsi Oleh Ibu Menyusui

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa ibu menyusui dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisinya. Adapun mengenai beberapa jenis makanan yang wajib dikonsumsi oleh ibu menyusui seperti brokoli, buah pepaya, olahan susu, ikan salmon, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, dan umbi-umbian. 

Bagaimana, cukup mudah dan simple bukan? Itulah beberapa tips untuk ibu menyusui yang kurang lancar.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *