Sistem Kompetisi Penuh Liga 1 2021

Liga 1 2021 Tetap Pakai Sistem Kompetisi Penuh, Tapi...

Berita sepak bola Indonesia sedang diramaikan dengan perbincangan hangat mengenai Liga 1 2021 yang akan digelar beberapa waktu mendatang. Selagi perizinan liga diurus oleh PT Liga Indonesia Baru, PT LIB ini juga menyanggah beredarnya isu mengenai perubahan format kompetisi.

Akhmad Hadian Lukita selaku Direktur utama PT LIB dan Mochammad Iriawan pernah menyebutkan bahwa mereka sedang mempertimbangkan opsi format kompetisi. Salah satu kemungkinannya adalah berupa penerapan bubble seperti pada Piala Menpora 2021 kemarin. Namun, pernyataan tersebut menuak kontroversi bahwa Liga 1 2021 yang akan datang tak akan berjalan dengan system kompetisi penuh. Padahal baik PT LIB maupun PSSI belum menetapkan keputusannya.

Mengatasi kesalah pahaman yang beredar, Lukita menuturkan bahwa “Format Liga 1 tetap double round-robins, setiap tim akan bertanding 34 kali. Hanya tempat pertandingannya saja yang tidak memakai kandang dan tandang (home-away) seperti biasa, tetapi pakai sistem bubble to bubble,” ucapnya.

System ini akan berjalan seperti Tim A akan bertanding dengan Tim B di kendang Tim A. Lalu, Tim B akan bergantian menjamu Tim A pada pertemuan selanjutnya. Ini merupakan format double round-robins yang system kompetisinya mempertemukan semua kblub untukslaing bertanding sebanyak 2 kali dalam 1 musim. Format ini sudah lazim digelar sejal Liha Indonesia digelar pada tahun 1994 lalu. Hanya beberapa kali ditinggalkan saat terjadi pembagian grup Barat dan Grup Timur. PT LIB menegaskan masih ingin menerapkan system ini. Namun karena adanya covid – 19, hanya saja lokasi yang akan dipindahkan menjadi sentralisasi.

“Bubble seperti rencana pemusatan (sentralisasi) di Yogyakarta dan sekitarnya sebagaimana akan diterapkan di format (Liga 1) 2020 yang batal karena pandemic Covid – 19.” Ujar PT Liga Baru Indonesia. Liga Indonesia ini direncanakan akan mulai kick off pada 3 Juli mendatang dan ada peserta sebanyak 18 klub, sehingga setiap tim akan bertanding sebanyak 34 kali pertandingan sepanjang kompetisi. Berikut merupakan berita sepakbola Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *