Bandingin Kredit HP OPPO A54 Pakai Kredivo vs HomeCredit di Tokopedia

Lagi nyari HP yang kapasitas baterainya jumbo, terus ketemu sama OPPO A54 yang baru dirilis di Indonesia di akhir Maret 2021 lalu. Ngulik dikit kelebihannya, eh lama-lama jadi lumayan naksir sama HP yang satu ini. 

Desain dan warnanya minimalis, layar kekinian, spesifikasi kamera cukup mumpuni di kelasnya, RAM besar, dan prosesornya juga lumayan oke. Yang paling penting, kapasitas baterainya sih yang di angka 5000 mAh. Buat yang aktivitasnya banyak mobile dan di luar kayak saya, ini salah satu HP yang bisa masuk wishlist. 

Karena udah cukup naksir, nyarinya jadi lanjut ke Tokopedia. OPPO A54 kebetulan udah dijual juga di OPPO Official Store online di Tokopedia dengan harga Rp2.499.000. Liat-liat promo terutama cicilan, ada berbagai opsi yang ditawarin di Tokopedia. Yang menarik perhatian saya adalah cicilan tanpa kartu kredit HP OPPO pake Kredivo dan HomeCredit. 

Kenapa menarik? Karena ada informasi bunga 0% berlaku untuk pilihan pembayaran dengan fintech-fintech di atas. Kapan lagi kan bisa cicilan HP 0% tanpa perlu kartu kredit? Hehehe. 

Sejauh informasi yang saya caritau soal promo cicilan 0% ini, dua fintech yang menyelenggarakan promo tersebut adalah HomeCredit dan Kredivo. Saya sendiri nggak asing sama dua fintech ini, paling terkenal di pasaran sebagai aplikasi kredit HP tanpa DP dan gadget lainnya. 

Kalo ngeliatin simulasi di atas aja, antara Kredivo dan HomeCredit, terlihat kalau Kredivo punya jumlah angsuran yang lebih kecil dibandingkan HomeCredit. Dari sisi bunganya, meski beda tipis, bunga Kredivo juga lebih rendah dibanding HomeCredit. Di mana Kredivo mematok suku bunga sebesar 2,6% per bulan dengan pilihan tenor 3/6/12 bulan, sedangkan HomeCredit suku bunganya beragam, mulai dari 0% sampai 3,99%. 

Terus, apa bedanya promo cicilan 0% dari Kredivo dan HomeCredit?

Di Kredivo, promo cicilan 0% berlaku dalam rangka momen Ramadan dan Lebaran. Mulai dari tanggal 25 April sampai dengan 1 Mei 2021. Promonya berlaku buat cicilan barang dengan tenor 3 atau 6 bulan di berbagai merchant rekanan Kredivo dengan minimum transaksi sebesar Rp 500 ribu. Karena ini 0%, ada biaya admin yang dibebankan ke pengguna sebesar 3% untuk tenor 3 bulan dan 6% untuk tenor 6 bulan. 

Merchant rekanan Kredivo ada apa aja? Banyak. Salah satunya Tokopedia tempat saya nyari OPPO A54 ini. Tapi, selain promo cicilan 0% yang sampai 1 Mei ini, Kredivo juga ngadain promo cicilan 0% lainnya di Samsung Financing sampai dengan tanggal 31 Mei 2021. Khusus untuk produk Samsung A32, A52, dan A72. Berlaku untuk transaksi di gerai distributor Samsung yang resmi, Blibli.com, Samsung.com, dan juga Lazada. 

Beda sama Kredivo, promo cicilan 0% dari HomeCredit sejauh info yang saya temuin di websitenya, hanya berlaku bagi pengguna lama yang udah bayar cicilan tepat waktu selama 6 bulan berturut-turut. Nah, di bulan ke-7, cicilan akan digratiskan oleh pihak HomeCredit sehingga total cicilan yang dibayarkan bunganya bisa jadi 0%. 

Promo ini juga berlaku hanya di merchant-merchant tertentu rekanan HomeCredit. Khusus di bulan April ada Transmart, Lotte Grosir, Gramedia, dan lain sebagainya. Nggak ada Tokopedia di dalam daftar, berarti promonya belum bisa/berlaku di Tokopedia. 

Karena udah tergiur sama cicilan 0% yang minim syarat dari Kredivo, saya mutusin buat nyoba dan daftar akun Kredivo buat nyicil HP OPPO A54.

Proses cicilan 0% HP OPPO A54 di Tokopedia Pake Kredivo

Pertama, karena belum jadi pengguna Kredivo, saya daftar dulu lewat aplikasinya. Beruntungnya, syaratnya pas dan daftarnya juga nggak rumit. Beberapa jam setelah daftar, akun saya diapproved plus udah dapet limitnya langsung. Syukurnya, lebih dari cukup buat kredit HP OPPO A54 di Tokopedia ini. 

Dengan harga Rp2.499.000, opsi tenor untuk cicilan 0% di Kredivo ada 2, yaitu 3 bulan dan 6 bulan. Saya pilih yang 6 bulan dengan biaya admin sebesar 6% atau sekitar Rp149.000. 

Caranya gampang aja kok, setelah barang masuk keranjang, tinggal checkout. Terus pilih metode pembayaran pake Kredivo. Habis itu, saya langsung diarahin ke laman Kredivo dan diminta memilih metode pembayaran. Ada yang 30 hari, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Setelah pilih 6 bulan, lalu ada kolom voucher yang harus saya masukin. Nah, di bagian kolom voucher inilah promo cicilan 0% berada. Jadi, kita perlu menggunakan voucher cicilan 0% untuk mengubah sistem cicilan dari bunga 2,6% menjadi 0%. Syarat dan ketentuan dari voucher cicilan 0% ini juga udah tersedia lengkap di laman pembayaran Kredivo-nya. 

Habis klik pakai, login ke akun Kredivo, masukin PIN, terus klik Bayar. Dalam beberapa detik, transaksi diproses oleh Kredivo dan diterusin ke Tokopedia pas udah berhasil. Oh iya, sebelum klik Bayar, ada juga simulasi cicilan yang ditampilin Kredivo untuk besaran angsuran per bulan yang harus dibayar ya. 

Di transaksi saya, angsuran bulanannya itu sebesar RpRp411.333 per bulannya selama 6 bulan. 

Akhirnya, niat ganti & nyicil HP baru jadi terwujud karena ada Kredivo. Udah gitu bisa hemat banyak pula, nggak pake bunga. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *