8 Manfaat Kesehatan Apabila Kamu Rutin Konsumsi Daun Salam

Daun Salam  |  TaniHub
source gambar : tanihub.com

Daun salam termasuk sebagai salah satu jenis daun yang kerap dijadikan sebagai ramuan untuk meracik obat herbal tradisional. Soalnya, daun salam memang memiliki kandungan nutrisi yang kaya dan penting untuk menunjang kesehatan tubuh kita. Lantas, apa saja sih yang bisa kita rasakan pada khasiat daun salam? Berikut ini 8 penjelasannya!

1. Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

Sebagai salah satu jenis daun yang kerap dijadikan sebagai ramuan obat herbal, daun salam ternyata memberikan efek yang sangat kuat pada kesehatan sistem pencernaan kita. Pasalnya, kandungan nutrisi pada daun salam membantu kita untuk melancarkan buang air kecil, mengurangi kadar racun pada sistem pencernaan, serta meredakan nyeri akibat sakit perut. Di samping itu, air rebusan daun salam pun efektif untuk menyembuhkan iritasi pada usus besar.

2. Memelihara kesehatan jantung

Daun salam memiliki kandungan asam caffeic maupun senyawa organik yang berperan penting untuk meningkatkan kesehatan jantung. Saat kita mengonsumsi air rebusan dari daun salam, maka tubuh akan memperkuat kapiler yang terdapat pada jantung. Bukan hanya itu saja, kita juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yang terdapat pada sistem kardiovaskular.

3. Menekan risiko penyakit kanker

Karena memiliki antioksidan maupun senyawa organik seperti katekin, fitonutrien, parthenolide, maupun linalool, daun salam dapat menekan risiko terjadinya pertumbuhan sel kanker serviks maupun membuat tubuh terlindungi dari dampak radikal bebas. Apalagi, radikal bebas dapat melakukan mutasi sehingga sel yang sehat dapat berubah menjadi sel kanker.

4. Berperan sebagai zat antiinflamasi

Salah satu khasiat daun salam yang tidak boleh kita lewatkan ialah kemampuannya dalam hal mengatasi peradangan yang terjadi pada tubuh kita. Soalnya, daun salam memang memiliki kandungan fitonutrien unik yang disebut sebagai parthenolide dan berperan penting untuk mengurangi dampak iritasi maupun peradangan. Hal ini bisa kita lakukan dengan mengoleskan daun salam ke area tubuh yang sakit maupun mengonsumsinya.

5. Mengurangi rasa cemas dan stres

Saat kita mengonsumsi daun salam, maka tingkat hormon stress maupun cemas bisa berkurang. Soalnya, daun salam bisa berperan sebagai zat aromaterapi. Jadi, daun salam ini cocok untuk kita yang suka menggunakan wewangian di rumah.

6. Memelihara fungsi saraf

Daun salam yang sudah direbus dan dikonsumsi air rebusannya akan memberikan kita manfaat kesehatan karena beragam kandungan nutrisi. Beberapa di antaranya seperti asam folat, vitamin A, antioksidan alami, vitamin C, serat makanan, serta vitamin B, misalnya berupa asam pantotenat, iboflavin, niasin, dan piridoksin. Melalui konsumsi 4 hingga 5 lembar daun salam secara teratur, maka kita dapat meningkatkan fungsi sistem saraf maupun melakukan sintesis enzim dan metabolisme pada tubuh.

7. Mengobati penyakit diabetes

Karena bisa menurunkan kadar glukosa pada trigliserida, glukosa darah, maupun kolesterol, daun salam pun efektif untuk mengobati diabetes tipe 2. Untuk menjadikannya obat diabetes, maka kita dapat mengeringkan daun salam dan menjadikannya bubuk. Setelah itu, daun salam dapat kita konsumsi secara rutin dengan dicampurkan ke air.

8. Menghilangkan rasa sakit

Kandungan minyak atsiri pada daun salam berperan penting untuk menghilangkan bakteri maupun jamur. Apalagi, daun salam pun berperan penting agar peradangan dan nyeri umum bisa teratasi. Beberapa contohnya seperti artiris, keseleo, maupun rematik.

Nah, karena beragam manfaatnya, daun salam memiliki bermacam-macam khasiat untuk tubuh. Dan untuk mendapatkan daun salam secara praktis, maka kita bisa memesan secara langsung melalui TaniHub, sebuah platform sayur dan buah terbaik di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *