Pengamat Sepak Bola Membongkar Kelebihan Timnas Indonesia

source gambar : bolanusantara.com

Berdasarkan pengamat sepak bola, kita bisa menyimpulkan bahwa timnas Indonesia memiliki performa yang cukup menjanjikan pada Piala AFF 2020. Pasalnya, selama melewati empat pertandingan pada grub B, tim yang merupakan asuhan dari pelatih asal Korea Selatan, yaitu Shin Tae Yong ini memang memperlihatkan performa permainan yang atraktif sehingga membuat mereka bisa lolos dan melaju ke babak semifinal. Bukan hanya itu saja, timnas Indonesia pun merupakan juara grup B yang sering disebut sebagai grup neraka karena anggota tim dari masing-masing negara yang tidak bisa diremehkan begitu saja.

Sementara itu, dua pengamat sepak bola nasional, yaitu Ma’ruf El Rumi dan Weshley hutagalung ini menyebutkan bahwa keberhasilan performa Indonesia untuk menaklukkan lawan-lawannya ini juga merupakan hasil kerja keras dari Dimas Evan dan para koleganya. Apalagi, di era Shin Tae Yong, anggota timnas ini sempat diragukan oleh sejumlah penggemar sepak bola. Pasalnya, permainan Tim Merah Putih justru terlihat kurang apik pada awalnya, bahkan permainan mereka cenderung terlihat monoton.

Akan tetapi, pandangan tersebut justru berubah ketika kita menyaksikan piala AFF 2020. Pasalnya, Shin Tae Yong sendiri telah menunjukkan bahwa dirinya telah berhasil membawa timnas Indonesia untuk menunjukkan performa yang apik pada berbagai turnamen internasional. Maka dari itu, tidak heran apabila banyak penggemar sepak bola yang tadinya tidak memperhatikan timnas Indonesia justru kini mulai kembali melihat performa timnas Indonesia yang dianggap dapat menunjukkan permainan yang efektif.

Weshley mengungkapkan bahwa “Saya memberikan apresiasi untuk seluruh pemain yang mau mengadaptasi strategi STY dengan baik sehingga mendapat hasil yang positif di fase grup. ” Sementara itu, seperti halnya Weshley, pengamat sepak bola yang juga berperan sebagai komentator sepakbola, yaitu Ma’ruf El Rumi pun juga mengungkapkan pendapat yang serupa dengan Weshley. Pasalnya, pria yang kerap disapa bung Ma’ruf ini juga mengungkapkan bahwa pelatih Shin Tae Yong memiliki banyak taktik.

Apalagi, pelatih asal Korea Selatan ini mampu untuk mengoptimalkan performa para tim muda yang juga menjadi inspirasi baru baginya. Shin Tae Yong sendiri pernah menjadi pelatih tim nasional Korea Selatan pada tahun 2018, tepatnya saat mengikuti Piala Dunia. Dikarenakan adanya banyak anggota tim muda di timnas Indonesia, para suporter sepak bola tentu tidak merasa heran apabila Shin Tae Yong terlihat banyak menurunkan komposisi pemain yang berbeda-beda dari satu laga dengan laga lainnya selama berlangsungnya piala AFF 2020.

Tentu saja, taktik yang diterapkan oleh Shin Tae Yong ini membuat lawan timnas Indonesia justru merasa kesulitan untuk menaklukan Indonesia. Tidak sedikit dari mereka yang akhirnya menjadi terjebak dengan strategi Shin Tae Yong. Sementara itu, Shin Tae Yong sendiri dianggap memiliki kemampuan yang memadai untuk mengatur permainan secara efektif.

Kemampuan yang dimiliki Shin Tae Yong telah diungkapkan secara langsung oleh Ma’ruf yang menjelaskan bahwa “Shin Tae Yong tahu kebutuhan timnya, siapa yang akan diturunkan. Selama ini kalau kita punya nama besar, biasanya mengisi starting line up, tetapi sekarang di era STY beberapa nama baru bermunculan.”

Dikarenakan Indonesia lolos dari babak penyisihan grup, maka Indonesia bisa melangkah ke babak semifinal untuk selanjutnya berhadapan dengan tim tuan rumah yang tidak lain ialah Singapura. Singapura sendiri sebelumnya merupakan runner up pada grup A piala AFF 2020 yang akan menghadapi Indonesia pada 2 leg.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *